Makalah Sistem Operasi Komputer opensource



Makalah Sistem Operasi Komputer opensource








Saekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan komputer Stmik Duta Bangsa Surakarta

Disusun Oleh :

 Ahmad kurniawan
S1 Sistem Informasi





KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa karena berkat rahmat dan karunia-Nya Penulis dapat menyelesaikan Makalah “Sistem Operasi Komputer yang Bersifat opensource ” dengan baik dan tepat waktu. saya menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan karena keterbatasan pengetahuan, oleh karena itu saya sangat mengharapkan bimbingan atau saran-saran dari pembaca untuk menyempurnakan makalah ini.
Berkaitan dengan makalah ini saya banyak mendapatkan bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak yang diterima oleh saya baik secara langsung maupun tidak langsung. Tidak lupa pula saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu saya dalam pembuatan makalah ini.
Akhir kata saya mengharapkan semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua, amin.



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR .....................................................................   i
DAFTAR ISI ....................................................................................  ii
I.     PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ..............................................................................4
B. Rumusan Masalah ........................................................................4
C. Tujuan ...........................................................................................  4
B. Manfaat  .......................................................................................  4
II.   PEMBAHASAN
A. Pengertian Sistem Operasi ...........................................................5
B. Sistem Operasi Opensource (Linux) ...........................................5
C. Kelebihan dan Kekurangan Opensource ..................................7
III. PENUTUP
A. Kesimpulan ...................................................................................9
B. Saran ...............................................................................................9
DAFTAR PUSTAKA



BAB I
PENDAHULUAN


A.  Latar Belakang
            Sistem Operasi Open Source adalah istilah untuk software yang kode programnya disediakan oleh pengembangnya untuk umum agar dapat dipelajari cara kerjanya, diubah atau dikembangkan lebih lanjut, dan disebarluaskan. Jika pembuat program melarang orang lain untuk mengubah dan atau menyebarluaskan program buatannya, maka program itu bukan open source, meskipun tersedia kode programnya.
Open source merupakan salah satu syarat free software. Free software pasti open source software, namun open source software belum tentu free software. Contoh free software adalah Linux. Contoh open source software adalah FreeBSD. Linux yang berlisensi free software tidak dapat diubah menjadi berlisensi tidak free software, sedangkan FreeBSD yang berlisensi open source software dapat diubah menjadi tidak open source. FreeBSD (open source) merupakan salah satu dasar untuk membuat Mac OSX (tidak open source).

B.  Rumusan Masalah
1.      Apakah Pengertian dari Sistem Operasi (OS)
2.      Bagaimanakah OS opensource (Linux)
3.      kelebihan dan kekurangannya
C.   Tujuan
1.      Agar pembaca memahami Pengertian dari Sistem Operasi (OS)
2.      Agar pembaca memahami OS opensource (Linux)
3.      Agar pembaca mengetahui kelebihan dan kekurangan Os opensource
D.  Manfaat
Manfaat yang dapat diambil dari penyampaian infomasi tentang Sistem Operasi pada komputer, agar para pembaca dapat memahami lebih mendalam lagi tentang materi yang dismpaikan. Selain itu sebagai referensi dalam memahami tentang computer terutama tentang sistem operasi Open Source.

BAB II
 PEMBAHASAN


A.  Pengertian Sistem Operasi (OS)
Sistem operasi (operating system ; OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.
Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.
Untuk fungsi-fungsi perangkat keras seperti sebagai masukan dan keluaran dan alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer, meskipun kode aplikasi biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan seringkali akan menghubungi OS atau terputus oleh itu. Sistem operasi yang ditemukan pada hampir semua perangkat yang berisi komputer-dari ponsel dan konsol permainan video untuk superkomputer dan server web.

B. .  Sistem Operasi Opensource (Linux)
Open Source merupakan sebuah istilah yang digunakan dalam sofware komputer yang berarti bebas, artinya memungkinkan pengguna lain untuk membuka source code dari program sehingga dapat mengetahui dengan jelas cara kerja dari software tersebut. Selain siapa saja boleh mengubah dan memperbaiki bahkan diperbolehkan untuk mengembangkan software tersebut agar memperoleh kinerja yang lebih baik.

Software Open Source merupakan buah dari rapat yang diprakarsai oleh Netscape, penggagas Software Open Source adalah Eric S. Raymond, Crhistine Peterson, Todd Anderson, Larry Augustin, Jon Hall dan Sam Ockman dengan pelopornya Richard Stallman pada tahun 1998. Software open source mulai berkembang pesat setelah lahirnya sistem operasi linux yang dapat diperoleh secara gratis diinternet ditengah merajalelanya sistem operasi keluarga windows yang mengusung lisensi close source. Keberhasilan dari software open source juga tidak lepas dari peran komunitas yang gemar untuk mempelajari dan mengembangkan software berbasis open source
Nama Linux merupakan kombinasi unik antara nama penciptanya dan nama sistem operasi yang menjadi targetnya (UNIX). Semuanya berawal dari sebuah sistem operasi bernama Minix.
 Minix dibuat oleh Profesor Andrew Tanenbaum. Minix adalah sistem operasi mirip UNIX yang bekerja pada PC.
Seperti halnya Minix, Linux tidak menggunakan kode apa pun dari vendor UNIX komersial, sehingga Torvalds mendistribusikan linux di internet secara bebas dan gratis.Pada Oktober 5 1991, Torvalds mengeposkan sistem operasinya di newsgroup comp.os.minix. Ia mengumumkan bahwa source code Linux tersedia dan meminta bantuan programmer-programmer lain untuk ikut mengembangkannya. Ketika itu Linux masih setengah matang, sistem operasi ini hanya bisa menjalankan sedikit perintah UNIX, seperti bash, gcc dan gnu-make. Saat Linux 1.0 diluncurkan pada 1994, sistem operasi ini telah cukup stabil dan memiliki banyak feature, seperti preemptive multitasking (kemampuan untuk membagi sumber daya CPU untuk banyak aplikasi) dan symmetric multiprocessing (kemampuan untuk membagi tugas dijelaskan sebagai “seekor penguin yang menggemaskan dan ramah, yang kekenyangan setelah makan banyak ikan hering”. Pada 1996, tim pengembangan Linux yang ada diseluruh dunia mulai memberikan hasilnya. Tahun itu mereka telah membuat versi Linux untuk sejumlah versi hardware, dari Atari ST sampai Macintosh.
Linux terus berkembang pesat, utamanya karena ada sejumlah distributor (seperti RedHat, Caldera, dsb) yang berkompetisi untuk berebut pangsa pasar. Oleh karena itu dibentuk kelompok bernama Linux Standard Base. Kelompok ini bekerja untuk memastikan bahwa beragam distribusi Linux yang ada tetap bisa menjalankan aplikasi yang sama dan saling berinteroperasi. Saat ini ada tujuh distribusi Linux paling terkenal, yaitu :
1. RedHat Linux, distributor paling populer di AS dan salah satu yang paling mudah digunakan.
2. Suse Linux, distribusi Linux paling populer di Eropa yang juga menyediakan perangkat instalasi dan panduan berbahasa Indonesia.
3. Slackware Linux, merupakan distribusi yang pernah merajai di dunia Linux. Hampir semua dokumentasi Linux disusun berdasarkan Slackware. Dua hal penting dari Slackware adalah bahwa semua isinya (kernel, library ataupun aplikasinya) adalah yang sudah teruji. Sehingga mungkin agak tua tapi yang pasti stabil.
4. Debian, distribusi yang mengutamakan kestabilan dan kehandalan, meskipun mengorbankan aspek kemudahan dan kemutakhiran program. Debian menggunakan .deb dalam paket instalasi programnya.
5. Ubuntu merupakan sistem operasi turunan dari debian dan berbasis linux sehingga bersifat open source.
Kemampuan LINUX
• Multiuser
• Multiprocessor
• Multitasking, memungkinkannya program-program berjalan bersamaan (background)
• MultiThreading, dapat menciptakan subproses dengan cara efisien
• Pembelokkan I/O, Pipe dan Filter
• Local dan Network File System
• Security, login dengan password, ownership, group
• X-Window System
C. Kelebihan Dan Kekurangan Software Open Source.
Kelebihan Software Open Source:
  • Software Open Source biasanya dikembangkan oleh suatu lembaga atau komunitas yang ahli dibidangnya secara bersama-sama sehingga masalah yang ditemukan bisa dengan cepat teratasi.
  • Fitur yang banyak dan kompleks dan memiliki kemampuan yang baik.
  • Software Open Source berlisensi GPL (General Public Licence) sehingga pengguna tidak dikenakan biaya untuk software tersebut.

Kekurangan Software Open Source
  • Tampilan dari software open source cenderung rumit bagi user pemula
  • Beberapa software open source memiliki kinerja tak lebih baik dari software close source.
  • Pemula sering menemui kesulitan dalam instalasi dan penggunaan software open source.
Contoh program yang berbasis open source:
  1. Sistem Operasi (OS) Untuk komputer  : Linux (debian, ubuntu, mint, slackware, backtrack, open suse)
  2. Untuk Smartphone : Android, Firefox OS
  3. Aplikasi          : GIMP, InkScape, Digikam, Abhishek’s GLIMPSE, XAMPP, mozilla Firefox, VideoLAN, LibreOffice, Filezilla, OpenOffice, Mplayer,

  
BAB III
PENUTUP

A.  Kesimpulan
Sistem operasi (operating system ; OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Open source merupakan salah satu Sistem Operasi Contoh free software adalah Linux.
B.  Saran
Bagi para pembaca sekalian yang ingin memperoleh informasih lebih lengkapnya mengenai Sistem Operasi (OS) Open source, di sarankan agar mencari lagi referensi yang lain, karena tidak dapat saya pungkiri bahwa dalam pembuatan makalah ini masih benyak kekurangan yang harus diperbaiki.

DAFTAR PUSTAKA

Referensi media masa:
 http://www.teorikomputer.com/2015/08/pengertian-open-source-beserta.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat laporan delphi dengan crystal report

Kriptografi dan Steganografi