BEST PRACTICE



BEST PRACTICE adalah suatu ide atau gagasan mengenai suatu teknik, metode, proses, aktivitas, insentip atau penghargaan atau reward yang lebih efektif dalam mencapai keberhasilan yang luar biasa di bandingkan dengan tehnik, metode, proses lain. Ide atau gagasan yang dengan pengawasan, dan pengujian yang sesuai, dapat memberikan hasil yang diharapkan dengan lebih sedikit permasalahan dan komplikasi yang tidak terduga.
 BEST PRACTICE dapat juga didefinisikan sebagai cara yang paling efisien atau memerlukan usaha minimum dan paling efektif  menghasilkan hasil terbaik untuk menyelesaikan suatu tugas/pekerjaan, berdasarkan prosedur yang berulang-ulang disampaikan di berbagai tempat dengan memberikan bukti nyata yang dapat mengubah perilaku sejumlah orang.
Hal menarik yang perlu diketahui adalah, best practices tidak selalu identik dengan teknologi terkini, konsep tercanggih, maupun peralatan mahal.


Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
 best practice dapat didefinisikan sebagai suatu cara paling efisien (upaya paling sedikit) dan efektif (hasil terbaik) untuk menyelesaikan suatu tugas, berdasarkan suatu prosedur yang dapat diulangi yang telah terbukti manjur untuk banyak orang dalam jangka waktu yang cukup lama. Istilah ini juga sering digunakan untuk menjelaskan proses pengembangan suatu cara standar untuk melakukan suatu hal yang dapat digunakan oleh berbagai organisasi misalnya dalam bidang manajemen, kebijakan, atau sistem perangkat lunak.


 contoh:
Teknologi selinux, adalah sebuah teknologi security yang canggih di linux, yang mendefinisikan akses ke object unix dan authorisasinya, langsung dari kernel. selinux juga menjadi salah satu materi yang diujikan ketika mengambil sertifikasi redhat. lalu, apakah ini menjadikan selinux diadopsi oleh banyak organisasi?tidak juga. ternyata banyak server yang tidak mengimplementasikan selinux. database oracle juga merekomendasikan untuk men-disable selinux ketika menjalankan oracle. setelah dipikir2, selinux memang ribet dalam konfigurasinya, dan lebih menantang untuk dipelajari. mungkin karena hal inilah yang membuat banyak orang tidak prefer selinux. lagipula semakin banyak alternatif mengamankan server selain selinux. misal: apparmor, dan virtualisasi.
contoh lain adalah keyboard dengan susunan QWERTY. sebenernya ada juga susunan keyboard lain yaitu DVORAK, yang berdasarkan pengujian ilmiah mempunyai performance lebih baik dari qwerty (orang lebih cepat mengetik di keyboard DVORAK). namun apakah ini menjadi DROVAK di adopsi menjadi standard keyboard? tidak juga. bisa jadi, ini karena orang sudah biasa dengan keyboard qwerty, dan sudah banyak devices yang menggunakan keyboard qwerty.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat laporan delphi dengan crystal report

Makalah Sistem Operasi Komputer opensource

Kriptografi dan Steganografi